Jumat, 12 Mei 2017

macam-macam alat komunikasi kantor


Jenis peralatan komunikasi kantor semakin berkembang pesat, seiring berkembangnya kemajuan teknonologi, jika dahulukomunikasi menggunakan saranasurat sebagai tulang punggung mengirim berita, surat telah beralih fungsi menjadi surat elektrik (e-mail).

Lalu apa saja alat komunikasi kantor pada masa kini?,
berikut inibeberapa peralatan komunikasi pada kantor:



1. Surat
Surat merupakan peralatan komunikasi paling kuno dan masih dipakai hingga saat ini. walaupun peranan surat sudah semakin tergusur karena perkembangan teknologi. Namun surat masih dipandang perlu untuk mengabarkan informasi yang bersifat rahasia atau penting.Baca Pengertian dan Jenis-Jenis Suratsurat sebagai alat komunikasi kantor

2. Telepon
Telepon merupakan alat komunikasi kantor yang sering digunakan untuk menghubungi relasi atau langganan di luar perusahaan tersebut. Penggunaantelepon sangat massive digunakan karena majunya perkembangan teknologi pada saat ini.Baca Telepon dan Perkembangannyatelepon

3. Handphone
Handphone atau telepon genggam merupakan generasi baru dari telepon, jika telepon hanya digunakan pada kantor atau rumah (karena sifatnya menggunakan kael telepon), maka untuk mengantisipasi kegiatan pegawai yang semakin sibuk bahkan sampai ke luar ruangan, maka alat komunikasi portable yang bebas digunakan dimana pun mutlak diperlukan.Untuk mengatasi hal tersebutlah Handphone menjadi alat komunikasi andalan sampai saat ini.BacaJenis dan Fungsi Telepon Selulerhandphone sebagai alat komunikasi paling populer

4. Email
Email merupakan surat yang diketik dan dikirim secara elektronik. Bersama handphone email menjadi alat komunikasi kantor yang sangat efisien. Email dapat mengirim surat dengan mudah, murah, cepat, dan dapat mengirim dalam jumlah yang banyak secara bersamaan.Baca Kekurangan dan Kelebihan Emaillogo email

5. Faximile
Faximile atau sering disebut fax merupakan alat komunikasi yang dapat mengirimkan "copian" surat dengan mudah. Faximile menggabungkan kombinasi telepon dan surat. Cara kerja faximile adalah dengan men-scan surat yang sudah dicetak kemudian mengirimkan file hasil scan tersebut kepada mesin fax yang dituju.Baca Cara Menggunakan Faximilefaximile

6. Intercom/Aiphone
Intercom merupakan singkatan dari inter comunication. Intercom sangat dibuhkan pada suatuperusahaan yang memiliki unit bagian yang banyak. Cara kerja intercom sama seperti telepon, yang membedakannya adalah pada intercom tidak memerlukan sambungan telepon berbayar (tidak terkena biaya). Sehingga penggunaanya sangat hemat.intercomSelain keenam alat komunikasi kantor diatas, terdapat juga alat komunikasi lainnya yang dapat juga digunakan untuk melakukan hubungan komunikasi dengan pihak lain seperti:*.Radio*.Televisi*.Majalah*.Koran*.Media Sosial (Facebook, twitter, dll)Namun media lainnya tidak/belum berpengaruh banyak terhadap perkembangan komunikasi di kantor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kelebihan dan kekurangan jenis-jenis tata ruang kantor

1. Tata Ruang Kantor Berkamar (Cubical Type Office) Tata ruang berkamar adalah tata ruang untuk bekerja yang dipisahkan menggunakan sekat/...