Jumat, 12 Mei 2017

efektivitas komunikasi kantor

Agar komunikasi bisa berlangsung efektif, perlu diperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhinya.

Menurut Scoot M Cultip dan Allen dalam bukunya "EffectivePublic Relations",
 faktor-faktor tersebut disebut dengan"The Seven Communication". Mari kita simak7 elemen komunikasi yang efektifberikut ini.


1)Credibility
Kredibilitas berkaitan erat dengan kepercayaan. Ya, seorang komunikator yang baik harus memiliki kredibilitas agarpesan yang disampaikan dapat tersasar dengan baik. Beberapa hal yang berhubungan dengan kredibilitas misalnya kualifikasi atau tingkat keahlian seseorang. Contoh, seorang dokter dianggap mempunyai kredibilitas ketika ia menyampaikan hal-hal tentang kesehatan.

2)Context
Konteks berupa kondisi yang mendukung ketika berlangsungnya komunikasi. Supaya komunikasi berjalan efektif, konteks yang tepat menjadi hal yang menarik perhatian audiens. Misalnya, berita atau informasi tentang kesehatan janin sangat sesuai bagi ibu-ibu yang sedang menjalani masa kehamilan.Baca juga:Strategi Segmentasi Pasar yang Sukses

3)Content
Isi pesan merupakan bahan atau ,materi inti dari apa yang hendak disampaikan kepada audiens. Komunikasi menjadi efektif apabila isi pesan mengandung sesuatu yang berarti dan penting untuk diketahui oleh audiens.

4)Clarity
Pesan yang jelas alias tidak menimbulkan penafsiran yang bermacam-macam adalah kunci keberhasilan komunikasi. Kejelasan informasi adalah hal penting yang bisa mengurangi dan menghindari risiko kesalahpahaman pada audiens.

5)Continuity and Consistency
Agar komunikasi berhasil, maka pesan atau informasi perlu disampaikan secara berkesinambungan atau kontinyu. Misalnya, pesan pemerintah yang menganjurkan masyarakat untuk menggunakan kendaran umum dibandingkan kendaraan pribadi harus selalu disampaikan melalui berbagai media secara terus menerus supaya pesan itu dapat tertanam dalam benak dan mempengaruhi perilaku masyarakat.

6)Capability of Audience
Komunikasi dapat dikatakan berhasil apabila sang penerima pesan memahamidan melakukan apa yang terdapat pada isi pesan. Dalam hal ini, tingkat pemahaman seseorang bisa berbeda-beda tergantung beberapa faktor, contohnya latar belakang pendidikan, usia ataupun status social.

7)Channels of Distribution
Selain berbicara secara langsung kepadaaudiens, ada cara lain untuk berkomunikasi, yaitu menggunakan media. Bentuk-bentuk media komunikasi yang biasa digunakan saat ini adalah media cetak ataupun elektronik. Pertimbangkan secara matang pemilihanmedia yang sesuai dan tepat sasaran agar tidak terjadi komunikasi yang sia-sia.Beberapa elemen di atas merupakan faktor pendukung agar komunikasi dapat bejalan dengan efektif.
Dengan mengombinasikan elemen-elemen pendukung komunikasi, maka pesan yangdisampaikan dapat berhasil dan mampu mengubah sikap dan perilaku seseorang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kelebihan dan kekurangan jenis-jenis tata ruang kantor

1. Tata Ruang Kantor Berkamar (Cubical Type Office) Tata ruang berkamar adalah tata ruang untuk bekerja yang dipisahkan menggunakan sekat/...