Jumat, 12 Mei 2017

pengertian lembar disposisi


Pengertian LEMBAR DISPOSISI



Lembar disposisi secara umum berisi informasi nonverbal untuk diterjemahkan secara seksama dan ditindaklanjuti. merupakan petunjuk singkat tentang tindak lanjut(penyelesaian) terhadap suatu urusan atau surat masuk.
Disposisi dibuat oleh pimpinan untuk staf atau bawahan sesuai dengan bidang keahlian atau kewenangannya.

Image result for gambar lembar disposisi Tujuan pembuatan disposisiialah agar staf dapat menindaklanjuti atau menyelesaikan suatu urusan atau surat masuk sesuai dengan yangdikehendaki oleh pimpinan.
 Tindak lanjut dapat berupa surat balasan, tindakan-tindakan lain dalam rangka menyelesaikan urusan tersebut.Sebelum diserahkan kepada pimpinan, surat masuk terlebih dahulu dikendalikan oleh bagian administrasi dan diberi lembar disposisi.
Pengisian lembar disposisi yang menyangkut masalah pengagendaan seperti indeks, kode, nomor urut, dan data-data tentang surat dilakukan oleh bagian administrasi. Indeks, kode, dan nomorurut berisi kata/sandi yang bisa digunakan untuk merunut kembali dimana letak surat tersebut dalam agenda atau pengarsipan.Selanjutnya pimpinan mendisposisikan siapa yang diberi tugas atau tanggung jawab untuk menindaklanjuti, serta bagaimana intruksi-intruksinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kelebihan dan kekurangan jenis-jenis tata ruang kantor

1. Tata Ruang Kantor Berkamar (Cubical Type Office) Tata ruang berkamar adalah tata ruang untuk bekerja yang dipisahkan menggunakan sekat/...