Jumat, 12 Mei 2017

pengertian arsip




PENGERTIAN ARSIP




 ArsipSecara etimologi kata arsip berasal dari bahasa Yunani (Greek), yaitu archium yang artinya peti untuk menyimpan sesuatu.
Semula pengertian arsip itu memang menunjukkan tempat atau gedung tempat penyimpanan arsipnya, tetapi perkembangan terakhir orang lebih cenderung menyebut arsip sebagai warkat itu sendiri.
Menurut Kamus Administrasi Perkantoran, oleh Drs. The Liang Gie Arsip adalah kumpulan warkat yang disimpan secara teratur, terencana, karena mempunyai nilai sesuatu kegunaan agar setiap kali diperlukan dapat cepat ditemukan kembali. Jadi sebagai intinya arsip adalah himpunan lembaranlembaran tulisan. 
Catatan tertulis yang disebut warkat harus mempunyai 3 (tiga) syarat yaitu disimpan secara berencana dan teratur, mempunyai sesuatu kegunaan, dan dapat ditemukan kembali secara tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kelebihan dan kekurangan jenis-jenis tata ruang kantor

1. Tata Ruang Kantor Berkamar (Cubical Type Office) Tata ruang berkamar adalah tata ruang untuk bekerja yang dipisahkan menggunakan sekat/...